Bulan Juli, bulan sibuk bagi orang tua dan anaknya yg masih sekolah. Mulai Juli tahun ini juga, aku ikut-ikutan lagi sibuk dengan urusan sekolah. Apa pasal?

Kaka (2.5 Tahun) sama mamanya mau dimasukin ke sekolah, ya buat seumuran dia playgroup tentunya. Masalah timbul, karena untuk beberapa bulan (muda-mudahan ngga lama) sementara ini Kaka bersama mamanya tinggal di rumah eyangnya di Semarang, di perkampungan. Padahal sekolah-sekolah untuk balita menjamurnya di kawasan perumahan, yang tentu saja jaraknya cukup jauh dari rumah eyang.

Telpon sana sini, lihat iklan ini itu, ada yang cocok : playgroup karang turi di Mataram (Jl. Mt. Haryono), tapi ternyata sudah penuh. Pencarian di lanjutkan dan berakhir di Tadika Puri di kawasan Erlangga, simpang lima, sekitar 10 Km dari rumah eyang Kaka.

Jaringan Tadika Puri cukup luas, bisa pindah dari cabang satu ke cabang lain juka diperlukan. Inilah faktor utama yg menarik kami, sebab dalam waktu dekat, kami berencana untuk keluar dari kota Semarang.

Ada masa Trial 3 hari, artinya kami bisa mengikuti kegiatan di sekolah 3 hari tanpa di pungut biasa apapun, setelah itu baru memutuskan, mendaftar atau berhenti. Mengingat waktu sekolah 5 hari seminggu (libur selasa dan minggu) dan 2 jam per hari (jam 08:00 - 10:00), plus perjalanan rumah - sekolah, kami khawatir Kaka nantinya kecapean.

Kurikulumnya adl KBK (kurikulum berbasis kompetensi), tentu untuk anak balita bermain adalah kegiatan utamanya di sekolah. Standard playgroup adalah 2 tahun, dengan target akademis setelah dua tahun adalah hafal abjad. Gw sempat nyeletuk : "haduh, kalo cuman abjad, Kaka mah dah dari umur 2 tahun hafal abjad, huruf besar (kapital) dan huruf kecil. Jadi klo ada tulisan di spanduk, buku, majalah , koran , dll dia akan dengan cekatan mengeja huruf demi huruf, angka demi angka. Huruf besar/kapital maupun huruf kecil."

Menimbang hal-hal diatas, plus ternyata tidak ada perbedaan biaya jika mendaftar hari ini atau minggu depan (tgl 16 Juli saat tahun ajaran baru dimulai), maka kami putuskan akan trial dulu 3 hari untuk melihat minat Kaka.

Oh yah, di rumah Kaka belajar banyak dari nonton VCD. Berawal dari Eyang kakungnya yg hoby nonton sinetron "pendekar", ketika sekilas Kaka melintas, baru ngelihat sekilas aja dia langsung ikut praktek, nendang-nendangin penghubi rumah yg lain. Sejak saat itu seisi rumah akan sangat hati-hati klo sedang nonton TV. Jika dipastikan Kaka ngga ada di ruangan, mereka bebas nonton sesuai selera. Tapi klo ada Kaka, buru-buru pindah-pindah channel, nyari sponge-bob, dora, avatar : the legend of Ang, dan sejenisnya termasuk "flora dan fauna". Dan tentu saja, stock VCD belanjaan mamanya yg di khususkan untuk Kaka. Koleksi VCD dari www.brainybaby.com , yang di beli dari gramedia sangat di sukai Kaka. Dari VCD tsb dia belajar ttg huruf, angka, warna, shape, english dll. Ketika kami putarkan, Kaka anteng, bengong sambil ngedot Susu. Meskipun kami putar lagi berulang-ulang , selama dia blm bosen dia akan tekun menikmati. Hingga akhirnya, ketika kami jalan-jalan, ketika melihat ada spanduk, tanpa kami tanya dia bisa mengeja tulisan di spanduk tersebut, awalnya satu dua huruf aja, lama-lama semua huruf, angka warna dan aneka bentuk dia hafal, tentu kami rangsang dengan main tebak-tebakan dan nonton vcd tsb.