OK, bagi anda pencari dollar, berikut adalah beberapa cara menguangkan check anda. Pertama kali menguangkan check dollar tahun 2001 dari spedia yg sekarang sudah collpas. Sampai saat ini saya baru nyoba ke Bank Niaga, karena menurut survey cost di Bank Niaga paling murah. Maaf pada Screenshoot ada ketidakcocokan tanggal antara contoh check dari Goole dan contoh slip Inkaso dari Bank Niaga, dikarenakan screenshoot check yang sesuai tanggal kemarin filenya corrupt, jadi seadanya. Yang penting tips bagaimana menguangkan check anda.

Disamping adalah contoh check dari google. Gambar tersebut adalah setengah halaman dari check yang utuh, tapi boleh anda potong dan hanya bagian inilah yang penting untuk diuangkan ke bank. Masa berlaku check tersebut adalah 6 bulan sejak check diterbitkan.

Tandatangani bagian belakang check tersebut (ada tempat/form untuk tandatangan), lalu bawa ke tempat anda ingin menukarkan check tersebut :

1. Bank Niaga

Untuk dapat menguangkan check di Bank Niaga, anda harus sudah memiliki rekening di Bank Niaga yang sudah berumur minimal 6 bulan. Jadi bukalah rekening di di Bank Niaga dari sekarang jika belum punya (kalo ada karyawan Bank Niaga baca tulisan ini, tolong usulkan ke manajemen untuk membayar promosi ini hehehe).

Ambil form Permintaan Inkaso seperti gambar disamping. Di kanan atas form, isi tanggal saat anda mengisi form tersebut.

Di Form bawahnya menerangkan status check anda. Isi no dan tanggal check seperti yang tertera pada check, Nama bank dan Kota isi Citibank , Newyork (seperti tertulis pada check) dan jumlah isi dalam USD seeprti tertulis pada check meskipun di form tertulis dalam rupiah.

Pada kolom bawah menerangkan kemana rupiah akan di transfer. Isikan nomor rekening dan nama di rekening Bank Niaga anda, dan alamat cukup isikan nomor telepon atau HP, untuk keperluan contact point anda dengan Bank, misalnya anda salah mengisikan nomor rekening, atau check anda belum ditandatangani maka Bank akan mengontact anda.

Dibawahnya, adalah keterangan pembebanan biaya, bisa anda bayar cash atau di debet dari rekening anda, besarnya adalah USD 5. Tandatangani form Inkaso tersebut, antre di teller dan serahkan. Tunggu 3-4 minggu, dan rekening anda akan bertambah.

2. Citibank.

Saya belum pernah mencoba di sini, tapi saya pernah menelpon ke CS nya dan seorang teman pernah mencobanya.

Bawa check anda ke Citibank terdekat. Ngga ada syarat anda harus punya rekening di Bank Tersebut. Temuin CS, sampaikan maksud hati anda :) , bahwa anda akan mencairkan check dari google. Biaya saya lupa 1 atau 2% atau bahkan lebih kecil dari nilai nominal check, minimal Rp. 100.000,- . Dan tunggu dalam 3-4 minggu anda akan di telepon CS untuk mengambil rupiah anda.

3. Kioscek.com

Bah jika anda ingin cepat, cairkan lewat kioscek saja. Saya belum pernah mencobanya, tapi info dari beberapa teman cepat dan terpercaya. Untuk tatacaranya silakan buka saja webnya.

4. Baliwebmaker.net
Sekarang ini jadi favorit saya. Baru sekali saya mencobanya krn rekomendasi banyak orang... memang puas. Tandatangani cek anda dua kali di belakang, sama kayak klo mencairkan lewat bank, kirim ke Bung Jody , begitu cek di terima bung Jody cek langsung cair menjadi rupiah ke rekening BNI atau BCA anda. Lengkapnya silakan kunjungi dan daftar ke baliwebmaker.net
Begitu sedikikit info, dan selamat mendulang dollar.