Beberapa hari lalu, dimilis internal beredar tips menghadapi tilang, yang sebenarnya sudah cukup lama sebelumnya saya membacanya tapi hilang filenya. Nah sekarang mumpung ada, saya share kepada anda semua supaya kita bisa saling mengingatkan nantinya :)

Sekali saya menghadapi polisi dalam urusan pelanggaran yang ditindak :) sudah lama sih, tepatnya maret 2004. Ketika jalan-jalan sore sekitar rumah, dari arah Plaza Shinta, sesampainya di terminal Cimone Tangerang yg amburadul itu (waktu itu terminal tersebut masih aktif, belum pindah ke poris), terdapat pertigaan. Dengan jelas terlihat olehku ada rambu larangan belok kanan kecuali angkot. Juga jelas terlihat olehku bahwa ternyata banyak motor yang dengan santai menabrak rambu-rambu, belok kanan. Yang ngga terlihat olehku hanyalah di depan, ternyata ada semacam warung pinggir jalan, yang ternyata beberapa personil polisi ada didalamnya.

Karena melihat pengendara lain aman-aman saja, plus desakan beberapa kali makhluk cantik di belakang, akhirnya ikut juga deh belok kanan, dan.... priitttt...!!!

Udah deh, ngga bisa ngelak lagi, mau alasan apa? Lha wong saya ngga punya SIM :) Mo membela diri karena pelanggar yang lain ngga di tindak, pasti saya dikejar masalah SIM. Sudah to the point ajah, minta damai. Lha kook bapak mintanya 75 rb, di tawar 20 rb ngga mau, malah udah nulis denda di surat tilang 125 rb dengan alasan melanggar pasal yang aku juga ngga mudheng. Yho wes, dengan pasrah aku bilang "ya udah pak, di tilang aja" , pak polisi jawab "nah getu, jadi uang dari adik buat pemerintah" ehheh..... tapi sepertinya ngga ikhlas ngomong getunya, sebab di belakang masih di lanjut "ini surat tilangnya, mo nitip duit dulu ngga?" ketika saya jawab "tidak , pak" maka di sambut dengan "Ya udah, nanti kalo mengalami kerepotan jangan salahkan saya. Ini udah ditolongin ngga mau". STNK di tahan, surat tilang warna merah saya terima (apa artinya yah warna merah, bentar blm hapal hehehe). Kok STNK ditahan?

"lha pak, nanti kalo saya kena tilang lagi gimana pak kok STNK di tahan?"
"Belum pernah di tilang yah?"
"Belum pak??!!" hehehehe
"Ya nanti kamu tunjukin surat tilang ini"

Akhirnya pulang dengan saling salah menyalahkan. Aku disalahin karena STNK diizinkan diambil pak Polisi, aku menyalahkan dia karena memaksa-maksa aku untuk menabrak rambu-rambu. But intinya, kita masih cemas dengan nasib STNK. Calling sana-sini, akhirnya ketemu pak Polisi juga.

"Ya udah Mba, besok surat tilangnya titipin aja ama si A, nanti biar dia yang ngambil"

Dan benar saja, besoknya surat tilang dititipin ke si A yang adalah seorang kurir dealer motor, dan STNK kembali tanpa sepeserpun, kecuali tips yang harusnya di minta oleh pak polisi yang nilang kemarin, kita kasih ke si A tadi dengan ikhlas.

Minggu depannya gw langsung bikin SIM karena gw berkeyakinan plat kendaraan gw yang adalah luar kota menjadi lebih menarik untuk di "cek kelengkapan surat-surat". Benar saja, beberapa kali di perempatan shinta, tanpa ada angin tanpa hujan gw di stop untuk "Cek kelengkapan surat-surat", sementara pengendara yang lain bebas saja melenggang.

Dan dibawah adalah tips yang beredar dimilis itu :


sodara-sodara, meski banyak kerjaan di kantor, gue hari ini telat dateng, demi misi mulia, yaitu ngurus Tilang secara jujur, tanpa nyogok. Satu hal yg perlu gue sharing buat kalian adalah : kalo lu ditilang di jalan oleh polisi apapun, jangan sekali2 damai atau ngasi duit, bilang tilang aja langsung. hasilnya tuh plokis pasti bete karena gak dapet duit, kedua, ngurusnya gampang kok, dan dendanya resmi...begitu sodara..sodara.

Tips nya :

  1. kalo lu ditilang di jalan sebenernya ada dua pilihan (gue juga baru tahu), form biru dan form merah.
  2. Form biru adalah kalo lu terima kesalahan lu (artinya lu gak perlu berdebat ama hakim). Dgn form ini lu bayar dendanya di BRI yg ditunjuk (nanti tabel dendanya ama lokasi BRI bisa minta ke gue kalo minat), abis bayar denda resmi ke BRI, ambil SIM ato STNK yg disita ke kantor Ditlantas POLDA Metro di Pancoran, gedung baru, sebelum Gelael arah cawang. Disini ada ruang khusus loket Tilang, ruang tunggu nyaman ber-AC, dengan hiburan SateliteTV (norak ya gue)
  3. Form merah artinya lu gak terima kesalahan lu, dan dikasi kesempatan untuk berdebat ato minta keringanan ama hakim. Biasanya tanggal sidang adalah maksimum 14 hari dari tanggal kejadian, tergantung hari sidang Tilang di PN (Pengadilan Negeri) bersangkutan. Contoh gue ditilang di Kuningan, berarti sidang di PN Jaksel, jl ampera, disini sidang tilang setiap selasa. Nah oleh polisi, barang sitaan (SIM or STNK) akan disetor ke kantor Ditlantas pancoran itu sampai dengan H-1 tanggal sidang.Jadi selama masih di pancoran SIM/STNK itu bisa ditebus tanpa sidang ke PN, cukup ke loket yg gue sebutin tadi, serahin form merah, bayar dendanya, SIM/STNK balik dengan sukses.
  4. H-1 tgl sidang dan seterusnya, SIM/STNK udah dikirim ke pengadilan sesuai daerah perkara, jadi kudu ditebus di PN masing2
  5. Kalo pengen hadir sidang, dateng sesuai tanggal sidang yang tertera di surat Tilang ke PN yg ditunjuk. Tapi ini gak gue saranin. Kenapa ? karena antreannya luarbiasa banyak, kita gak punya kesempatan bertemu hakim, karena sidangnya sebenarnya IN ABSENTIA, dan banyak banget CALO yg nawarin bantuan. Mending enggak deh
  6. Lebih baik cuekin aja tanggal sidang, ambil SIM/STNK terserah elu di hari lain, hindari hari sidang tilang biar gak rame, terus langsung tuju Loket khusus Tilang yang ada di masing2 PN. Tunjukin form merahnya, dalam 5 menit SIM/STNK udah di tangan elu dengan bayar denda resmi. Sebelumnya cermati berapa denda resminya, biar gak dilebih2in ama petugasnya (tabel denda resmi gue punya in PDF). Contoh nih, gue tahu denda masuk jalur cepat (gue naik motor) Rp.15000, petugasnya bilang Rp.25600, dikasi angka 600 seolah2 itu perhitungan rumus2 njelimet, padahal akal2an aja biar ada yg masuk kantong dia. Gue kasi uang bulet 15.000 dia diem aja kok..hehe
  7. Udah ngerti kan. jadi intinya : jangan sekali2 damai ama polisi di jalanan, tilang mah tilang aja, pilih prosedur sesuai tips diatas, gak usah sidang kalo gak pengen bete, cuekin calo2 yg nawarin bantuan, bayar denda sesuai tarif resmi. Semua ini demi INDONESIA yg bersih dan berwibawa gemah ripah loh jinawi...hehehehe

Freedom Rider
A5525VB

Hati-hati di jalan!!