Entah pelet apa yg Bank Niaga berikan ke gw, hingga gw jd nasabah yg loyal. Pertama gw buka rekenig di Bank Niaga sekitar 2001, maksud pertama adalah karena waktu itu gw dapat kiriman cheque dari luar, dan Bank Niaga adalah tempat pencairan yang paling mudah dan murah. Sejak saat itu rekening BCA yang gw punya sejak masih berseragam putih-abu gw tutup, dan beberapa saat sempat buka-tutup rekening BCA dan Mandiri. Hingga sekarang secara resmi gw hanya punya 1 account bank, dan hanya di Bank Niaga, meskipun gw juga pegang 1 ATM Mandiri dan 1 Token Mandiri serta 1 KeyBCA.

Loyalitas gw ke Bank Niaga masih berlanjut ketika tahun 2003 saya mengajukan KPR, tapi si Bank ngga ngasih reward apa-apa atas atas loyalitas gw, meskipun juga ngga mengecewakan gw. Hampir saja dapat "reward" tapi gw tolak ketika telemarketing suatu siang call GW :

"Bapak sebagai nasabah pilihan dan atas loyalitasnya, kami memberikan hadiah sepasang jam tangan seharga 50% dengan bila mengajukan aplikasi karti kredit dan di approve"
"Katanya hadiah, masa saya harus keluar duit?" Tanya gw.
"bla bla bla bla........."
"Kalo saya ambil Credit Cardnya saja, gratis annual fee nya ngga?"

Karena dijawab tidak ada program itu saat ini, dan gw juga belum perlu dan dan belum butuh, maka saya tolak "reward" tsb. Toh ATM Niaga saya ada fasilitas Visa Electron.

Beberapa tahun kemudian, beberapa waktu lalu, seorang telemarketing nelp gw lagi, Renata namanya, nawarin program "Free for Life" , credit card free annual fee seumur hidup dari Bank Niaga. Gw pastiin bener2 free, ngga ada hidden cost lain? Dia meyakinkan bener2 free. Yho wes, dengan iseng gw ngomong, "Klo getu sekalian bikinin gold boleh ngga?" Hehehe. Mba Renata bilang "Di coba aja pak, tapi keputusannya nanti sama analys kami ya pak.. "

Beberapa hari kemudian, seseorang calling gw, katanya mo verifikasi data.... pertanyaan pertama, kedua, ketiga gw jawab ajah, baru kemudian curiga kok nada-nadanya ngga care getu... gw protess.. gw cecar dia dari mana, cabang mana.. akhirnya dia nyebutin data-data pribadi gw yg blm ditanyakan.. akhirnya gw percaya lagi......

1-2 minggu kemudian.. telemarketing calling gw lagi... gw langsung jawab aja "kemarin mba Renata udah calling dan nawarin saya..." dia jawab "ohh udah yah pak, ditawarin program apa pak? Sekarang dah jadi?" Gw jawab aja "free for live, dan sampai sekarang blm jadi padahal kemarin dah di verifikasi. Apa ngga di approve yah? hehe " Gw malah di suruh call 14041. Ya udah gw cuekin ajah....

Akhirnya kemarin, 31 Juli ada amplop dan isinya Credit Card dan baru hari ini gw aktivasi. Biar ngga ngeganggu ketenangan hidup gw, gw minta autodebet 100% dari rekening Bank Niaga Gw. Sebab kalo engga, bukannya tambah mudah ini hidup tapi bikin runyam.

Loyalitas gw ke Bank Niaga masih akan berlanjut. Minggu depan rencananya gw mengajukan KPR lagi di Bank Niaga Semarang. Gw sudah calling dan bertemu marketingnya. Meskipun bunga KPR di Bank Niaga 10.5% dan ada iklan bank besar lainnya yg ngasih 9%, entah mengapa kok gw masih datangnya ke Bank Niaga.

Paling engga yg blm gw temuin di Bank Lain :
*Servicenya memuaskan. Tellernya dari yg keliatan masih single sampai yg keliatannya udah ibu-ibu ramah menyapa gw, bahkan berusaha mengenal gw. Ada beberapa cabang bahkan akhirnya hapal ama gw. Gw lagi ngantri di ATM yg keliatan dari teller/CS pun gw disapa dengan menyebut nama gw.
*Disetiap kantor cabangnya, bisa dipastikan parkir gratis, baik parkir resmi maupun tidak resmi, entah itu di gedung sendiri atau di ruko, bahkan ketika ruko2 sebelahnya parkir harus bayar, entah resmi ataupun tidak resmi.